Halloween party ideas 2015

Windows 95 telah genap berumur 20 tahun. Ibarat seorang cewek sebenarnya dia masih pemudi yang sedang cantik-cantiknya, tetapi sebagai sistem operasi dengan umur tersebut Windows 95 sudah terlihat sangat tua, jadul, dan tidak relevan lagi.
Namun dalam rangka memperingati ulang tahun Windows 95 ini, berikut WinPoin angkat lagi 10 fakta unik tentang Windows 95 yang menarik untuk kamu ketahui:

10 Diperkenalkan oleh Artis

Hampir seluruh produk teknologi yang dirilis di tahun 90an selalu dilengkapi dengan tutorial. Nah Windows 95 juga demikian.
Uniknya, orang memperkenalkan dan mengajarkan tutorial tersebut adalah artis populer Jennifer Anniston dan Matthew Perry.
Kalau kamu lihat video diatas sampai selesai, maka kamu akan menemukan kombinasi antara jadul, lucu, dengan percakapan yang sedikit aneh. Hihihi…

9. Butuh 13 Floppy Disk untuk Instalasi

20 Tahun Windows 95: Inilah 10 Fakta Unik Tentang Windows 95

Untuk menginstall Windows 95 kala itu, pengguna PC yang tidak dilengkapi dengan CD-ROM harus melakukan instalasi dari 13 Floppy Disk Windows 95.
Di update selanjutnya yang dirilis, jumlah Floppy Disk Windows 95 makin banyak lagi, yaitu 26 disket.

8. Startup Sound Dibuat oleh Brian Eno

Untuk menyediakan semua keperluan audio di Windows 95, kala itu Microsoft bekerja sama U2, David Bowie, dan Brian Eno.
Akhirnya Brian Eno kebagian jatah membuat startup sound Windows 95 yang akhirnya didengarkan setiap hari oleh seluruh pengguna Windows 95 dari berbagai belahan dunia.

7. Spesifikasi Minimum Windows 95 Sangat Kecil

20 Tahun Windows 95: Inilah 10 Fakta Unik Tentang Windows 95

Jika dilihat di masa sekarang, spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 95 bahkan jauh lebih kecil dari spesifikasi smartphone paling low-end saat ini.
Lihat saja bagaimana Windows 95 hanya butuh spesifikasi minimal processor 386DX, 4MB RAM, dan 120MB hard drive.

6. Ada Video Musik Tersembunyi di CD-ROM Windows 95

Entah sengaja dimasukkan atau karena ada salah satu team internal Microsoft yang lupa menghapusnya, tetapi di CD instalasi Windows 95 dalam folder Fun Stuff ada video musik berjudul Hello Buddy yang dinyanyikan oleh Weezer tersebut.
Dan kalau kamu melihat video musiknya sampai habis, maka kamu bakal menemui sebuah tarian yang jadul namun gaul oleh seorang laki-laki ganteng berbaju putih :))

5. Tidak Dilengkapi Internet Explorer

Kala itu era internet sudah mulai merebak, namun sayangnya Windows 95 kala itu tidak dirilis dengan browser IE. IE baru dirilis beberapa waktu kemudian dalam bentuk add-on.

4. Iklan Musik Dari Rolling Stones Super Mahal

Microsoft kala itu sedang gencar mempromosikan Start Menu di Windows 95. Dan untuk mempopulerkannya mereka memilih menggunakan musik Rolling Stones berjudul “Start Me Up”.
Tidak tanggung-tanggung, Microsoft rela membayar hingga 8 juta dolar untuk mendapatkan hak menggunakan musik Rolling Stones tersebut di iklan mereka, hingga total biaya promosi Start Menu ini bengkak menjadi 300 juta dolar.

3. Windows 95 Mengambil Alih Dunia

20 Tahun Windows 95: Inilah 10 Fakta Unik Tentang Windows 95

Laku hinggal lebih dari 40 juta unit di awal tahun perilisannya, Windows 95 tersebar ke seluruh dunia dan menjadi primadona OS PC kala itu.
Hal ini tidak lepas dari budget besar Microsoft untuk mempromosikan Windows 95. Tidak hanya dalam bentuk iklan TV saja, Microsoft bahkan sampai memasang banner Windows 95 raksasa di CN Tower Toronto serta mengubah warna Empire State Building New York dengan warna khas Microsoft.

2. Lahir 24 Agustus 1995, Mati 31 Desember 2002

20 Tahun Windows 95: Inilah 10 Fakta Unik Tentang Windows 95

Sama seperti versi OS Microsoft lainnya, Windows 95 juga memiliki akhir masa support. Masa support Windows 95 berakhir 7 tahun setelah kemunculannya, yaitu habis pada 31 Desember 2002.

1. Bisa Dinikmati Secara Instan Melalui Browser

20 Tahun Windows 95: Inilah 10 Fakta Unik Tentang Windows 95

Windows 95 memang sudah sangat jadul. Tetapi bagi kamu yang ingin menikmatinya di era modern sekarang ini, bisa menggunakan emulator browser ini. Kamu tidak perlu repot-repot melakukan instalasi, meskipun experience yang kamu dapatkan tidak sepenuhnya seperti di Windows 95.
Untuk coba-coba dan nostalgia, it’s worth lah :D

Itulah 10 fakta unik seputar Windows 95 yang menarik untuk kamu ketahui. Selamat ulang tahun yang ke-20 yah Windows 95, baik-baik di atas sana. Rest in Peace! :))

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Alfian Network

{picture#http://www.illwriteit.com/wp-content/uploads/2015/07/anonymous.jpg} Seseorang yang sedang belajar memahami hidup {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Powered by Blogger.